Senin, 07 Januari 2013

Siapakah seorang Entrepeneur itu...???

yang mampu menciptakan lapangan kerja memiliki kualifikasi yang berbeda dengan seseorang yang sekedar hanya jadi pemilik bisnis, karena seorang entrepeneur pasti jadi pemilik bisnis sedangkan pemilik bisnis belum tentu ia adalah seorang entrepeneur. Hal ini bisa terjadi karena bisa saja seseorang menjadi pemilik bisnis karena Warisan, Pemberian ataupun KKN. Walaupun mereka tidak memiliki kemampuan seorang entrepeneur sejati namun bisa memiliki sebuah bisnis. Sebaliknya seorang entrepeneur sejati memiliki kapasitas internal yang besar sedemikian rupa sehingga mampu menemukan kesempatan bisnis walaupun dalam " Kesempitan " sekalipun.
Entrepeneur sejati memiliki daya kreatif dan inovatif, mereka adalah pencari peluang sepanjang masa, berani mengambil resiko yang terukur dan percaya bahwa pelayanan pelanggan adalah kunci keberhasilan.
Bagi seorang entrepenenur sejati menciptakan sebuah bisnis (pekerjaan bagi dirinya) dan mengembangkannnya adalah sebuah kecakapan hidup (life Skill) yang memang sudah melekat dan menyatu didalam diri.


Secara Ringkas seseorang yang memiliki semangat entrepeneurship pertama - tama adalah seseorang yang memiliki mindset ( Pola Pikir ), Kebiasaan, karakter dan Kecakapan dalam mencari peluang (Opportunity Seeker), melakukan inovasi (Inovator) dan berani mengambil resiko (calculated risk taker).
Ciri terakhir  yaitu mengambil resiko, kerap menjadi ciri yang menentukan seseorang dapat menjadi entrepeneur atau tidak. Alasannya cukup banyak yang rajin mencari peluang dan juga inovatif namun kurang berani mengambil resiko, apakah resiko rugi, resiko gagal atau resiko kehilangan jabatan sehingga akhirnya tidak pernah mencoba atau memulai. Sedangkan kecakapan dan pengetahuan lain ( misalnya pengetahuan bisnis) adalah pelengkap untuk hal - hal diatas.

Bayangkanlah Indonesia yang memiliki sebagian besar generasi muda dengan pola pikir, karakter dan kecakapan entrepeneeur, mereka tidak perlu menjadi pencari kerja dan bergantung pada pemerintah atau orang lain. Mereka tahu caranya bagaimana tidak jadi orang "miskin", tidak perlu menjadi beban bagi masyarakat maupun pemerintah dan bahkan mampu membuka peluang kerja bagi orang lain.
Jadi buat Para Generasi Muda Bangsa Indonesia, maju dan tumbuh kembangkanlah jiwa entrepenur di dalam diri kalian untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sejahtera, Makmur dan  Damai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar